Marsiana L, Benedicta E OPTIMALISASI KINERJA PENGEMUDI GOJEK UNTUK MEMPEROLEH BONUS BERDASARKAN PILIHAN MENU DALAM APLIKASI GOJEK
Abstract
Hasil penelitian ini adalah berupa model matematika untuk mengoptimalkan pendapatan
mitra pengemudi GoJek. Urutan pertama dari penelitian ini adalah mempelajari
permasalahan kemudian mengembangkan pernyataan permasalahan yang
dipertimbangkan dengan jelas. Tahap berikutnya setelah memahami permasalahan
optimasi adalah membuat model yang sesuai untuk dianalisis. Pendekatan riset operasional
untuk pemodelan adalah membangun model matematika yang menggambarkan inti
permasalahan. Model matematika permasalahan optimal terdiri dari dua bagian, yaitu
bagian pertama memodelkan tujuan optimasi. Bagian kedua merupakan model matematika
yang mempresentasikan sumber daya yang membatasi. Dari hasil perhitungan
menggunakan software POM Windows version 3 maka total poin yang harus diperoleh
mitra pengemudi setiap hari adalah 19 poin, dengan jumlah order 17 kali. Ada kelebihan 1
poin dari jumlah poin yang ditentukan oleh perusahaan. Kelebihan poin tersebut (satu
poin) akan diakumulasikan lagi dengan order-order berikutnya di hari yang sama, dengan
ketentuan yang sama. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah perhitungan optimasi yang
dibuat dalam penelitian ini hanya berlaku untuk kondisi saat itu karena perusahaan memiliki
kebijakan yang berubah-ubah disesuaikan dengan kondisi yang ada.